Asesor Lapangan Prodi Pendidikan Sejarah S2

1
min read
A- A+
read

Kunjungan asesor lapangan

Prodi Pendidikan Sejarah S2 Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik UNY mendapat kunjungan dari Lamdik dalam rangka asesmen lapangan. Kunjungan dilakukan oleh Prof. Drs. Nasution, M.Hum, M.Ed, Ph.D.(Universitas Negeri Surabaya) dan Prof. Dr. Wasino, M.Hum (Universitas Negeri Semarang).

Para asesor disambut oleh Rektor UNY Prof. Sumaryanto beserta jajarannya di Ruang Rapat Pimpinan UNY, Rabu (27/3). Menurut Rektor mengutip pernyataan Gubernur DIY agar tamu yang datang dilayani secara optimal dan menggunakan Bahasa Jawa sebagai salah satu ciri keistimewaan Yogyakarta sebagai kearifan lokal. “Secara bertahap prodi menjadi kunci utama tatakelola lembaga” papar Rektor. Mahasiswa sejarah seyogyanya membuat paradigma baru dimana mahasiswa berprestasi merupakan sejarah juga.  

Prof. Nasution mengatakan sambutan lengkap oleh pimpinan universitas baru pertama kali dialaminya selama menjadi asesor. “Pemain universitas yang sebenarnya ada di program studi” katanya. Sehingga bila prodi mendapat perhatian penuh juga akan memainkan peranannya dalam memenuhi tujuan pendidikan nasional. Kelemahan kita selama ini adalah dalam bidang pengarsipan sehingga kedatangan Lamdik adalah untuk hal tersebut sehingga data terekam dengan baik. Pengalaman selama ini yang terbaik melakukan pengarsipan adalah Jepang. Prow Wasino mengemukakan bahwa kehadirannya adalah untuk mencocokkan apa yang ditulis oleh Kepala Departemen dalam dokumen dengan fakta di lapangan dengan harapan ada kecocokan dan apabila ada kekurangan dapat ditambahkan.

Program Magister Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu program studi magister yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik UNY. Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan magister pendidikan sejarah yang memiliki integritas, dedikasi, berkarakter mulia dan pengetahuan pendidikan sejarah secara komprehensif.

Program studi Magister Pendidikan Sejarah UNY memiliki beberapa keunggulan, antara lain kurikulum program studi Magister Pendidikan Sejarah UNY dirancang untuk memberikan kepada mahasiswa pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi ahli pendidikan sejarah yang profesional. Kurikulum ini mencakup berbagai mata kuliah, seperti teori dan metodologi pendidikan sejarah, sejarah Indonesia, sejarah dunia, pembelajaran sejarah dan penelitian pendidikan Sejarah. Dosen program studi Magister Pendidikan Sejarah UNY adalah para pakar di bidang pendidikan sejarah yang memiliki pengalaman luas dalam mengajar dan penelitian.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM
IKU
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat