KEBIJAKAN BOARDING SCHOOL DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER

1
min read
A- A+
read

KEBIJAKAN BOARDING SCHOOL DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER

Boarding school merupakan suatu kebijakan yang sudah sangat popular di Indonesia. Kehadiran boarding school di Indonesia menjadi model pendidikan yang efektif dalam mendidik kecerdasan, ketrampilan, pembangunan karakter dan penanaman nilai moral pada peserta didik sehingga anak akan menjadi lebih tahu tentang nilai kebenaran, kejujuran, kebajikan, kearifan, serta kasih sayang sebagai nilai universal yang dimiliki agama. Untuk mengetahui seperti apa sekolah boarding school dalam menanamkan karakter kepada peserta didiknya sekelompok mahasiswa prodi Kebijakan Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta meneliti kebijakan boarding school dalam menanamkan pendidikan karakter. Mereka adalah Rimawati Septyaningsih, Tri Indah Widianingsih dan Adinda Dhafa Nona.

Menurut Rimawati Septyaningsih kehadiran boarding school di Indonesia menjadi model pendidikan yang efektif dalam mendidik kecerdasan, ketrampilan, pembangunan karakter dan penanaman nilai moral pada peserta didik. Sehingga, anak akan menjadi lebih tahu tentang nilai kebenaran, kejujuran, kebajikan, kearifan, serta kasih saying sebagai nilai universal yang dimiliki agama. “Namun pada kenyataannya di boarding school  masih ada kekerasan yang tidak dibarengi dengan pengawasan yang maksimal dari pihak sekolah” kata Rimawati “Walau tidak pada semua boarding school, jika hal tersebut dibiarkan maka akan berkembang dan dapat mengakibatkan krisis moral pada peserta didik”. Oleh karena itu, perlu adanya bimbingan dari pihak sekolah dalam upaya penanaman karakter pada peserta didik, sehingga diharapkan para pelajar di Indonesia dapat berkembang dengan baik sebagaimana mestinya. Apabila generasi penerusnya memiliki karakter dan budi pekerti yang baik, maka kualitas pendidikan di Indonesia akan meningkat. Tri Indah Widianingsih menambahkan penelitian ini dilakukan MTs Binaul Ummah Bawuran Pleret Bantul.

Adinda Dhafa Nona menjelaskan setelah dilakukan analisis data yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan kebijakan boarding school di MTs Binaul Ummah Bawuran Pleret Bantul sudah merujuk pada tujuan peningkatan karakter pada siswanya. Dapat dikatakan demikian karena kebijakan - kebijakan yang dikeluarkan pihak sekolah tersebut menuntut siswanya untuk memiliki pribadi atau karakter yang baik sesuai dengan misi visi sekolah. “Walaupun sekolah ini dapat dikatakan baru berdiri tetapi dalam implementasi kebijakan tentang penanaman karakter sudah cukup baik” papar Adinda ”Terbukti dari banyaknya siswa yang memiliki prestasi akademis dan non akademis serta siswa - siswa di sekolah ini terkenal dengan karakter Qurani yang menonjol”. Adapun aspek pendidikan karakter yang ditanamkan diantaranya meliputi aspek religius, kejujuran, toleransi, disiplin, kerja keras dan cinta tanah air. MTs Binaul Ummah juga disarankan untuk meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan di luar jam pembelajaran untuk siswanya terutama dalam kegiatan yang berhubungan dengan sikap pengembangan karakter dan juga meningkatkan proses pembentukan karakter siswa dengan cara pendampingan dan pembiasaan memberikan pengaruh yang positif terhadap siswa. (Dedy)