Manfaat Matching Fund Kedaireka bagi Industri

1
min read
A- A+
read

Kegiatan di CV Maxi Alloycast

Program Matching Fund Departemen Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNY menggandeng CV. C-Maxi Alloycast dalam program kemitraan klinik industri untuk memperoleh peningkatan daya saing, kontribusi incase dan inkind terkait proses produksi. UNY memperoleh indikator kinerja utama (IKU) dengan kontribusi memberikan SDM dan teknologi tepat guna serta Kemendikbud Ristek memperoleh Link and Match dan memfasilitasi melalui Kedaireka.

Kerjasama industri ini selain membuka klinik juga peningkatan ekosistem Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dimana mahasiswa dapat melakukan praktek kerja lapangan, membuat skripsi, berlatih kewirausahaan, sehingga dapat menjadi pembelajaran terhadap mahasiswa untuk identifikasi permasalahan yang ada di industri cor alumunium serta dapat memberikan alternative solusi pemecahan masalah, dosen dapat menerapkan hasil penelitian atau penerapan rekayasa peralatan untuk dipergunakan DUDI dalam peningkatan produktivitasnya. Mitra DUDI dapat pula berbagi pengalamannya selaku praktisi ke kampus Universitas Negeri Yogyakarta agar pengalaman baik dan suksesnya dapat memotivasi mahasiswa termasuk Dosen untuk mengembangkan kemampuan berwirausaha.

Manager CV. C-Maxi Alloycast Wedi Santosa mengatakan melalui kegiatan klinik industri perusahaan diuntungkan dari kegiatan magang mahasiswa dan kegiatan proyek industri karena terjadi pertukaran ilmu antara mahasiswa dengan karyawan terkait ilmu akademik dan praktisi dari perguruan tinggi. “Kinerja juga meningkat terutama knowledge skill, quality control dan manajemennya” papar Wedi, Senin (24/4). Menurut Kepala R&D CV. C-Maxi Alloycast Joko kemitraan ini banyak memberikan dampak positif bagi perusahaan utamanya untuk akselerasi pengembangan produk.  Mahasiswa Departemen Teknik Mesin FT UNY Ardian Maulana merasa senang dapat mendapat tempat magang industry, menerapkan proses best learning sesuai permasalahan di industry. Ketua Departemen Teknik Mesin FT UNY Dr. Apri Nuryanto mengatakan Klinik industry memberikan ekosistem ilmiah dan membantu mahasiswa magang serta membuat tugas akhir.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MATCHING FUND