Monitoring Dan Evaluasi KKN Mahasiswa Tahun 2022

1
min read
A- A+
read

Sambutan Rektor

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung dalam kurun waktu tertentu dan bertempat di daerah setingkat desa. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dalam rangka memonitor dan evaluasi pelaksanaan KKN dan Praktik Kependidikan, UNY melakukan monitoring dan evaluasi KKN Mahasiswa tahun 2022. Kegiatan digelar Sabtu (8/10) di Dusun Krapyak IX, Margoagung, Seyegan, Sleman.

Monitoring dan evaluasi diikuti oleh segenap pejabat UNY, Rektor, para wakil Rektor, para Dekan dan Ketua Lembaga, Ketua dan Sekretaris SPI serta Ketua DPP IKA UNY. Menurut Rektor UNY Prof. Sumaryanto kegiatan KKN pada saat ini difokuskan di Dusun Krapyak agar menjadi tauladan yang kedepannya dirancang menjadi kampung emas. “Kampung emas ini dari segala dimensi baik perikanan, peternakan, perkebunan, pendidikan dan seni” kata Rektor. Rektor dalam kesempatan yang sama juga meminta pada jajaran pimpinan dibawah koordinasi Unit Layanan KKN PK UNY untuk mengkristalisasi setelah kunjungan lapangan. Lurah Margoagung Jarwo Suharto berterimakasih atas semua yang telah diberikan UNY karena itu semua untuk kemaslahatan. “Telah dikemukakan beberapa hal yang akan dikembangkan di Margoagung, selaku Lurah kami berterimakasih” kata Jarwo Suharto. Harapannya apa yang menjadi keinginan Rektor dan civitas akademik UNY dapat terwujud utamanya di Krapyak dan sekitarnya. Jarwo Suharto juga mengungkapkan keinginan warga Margoagung akan adanya lapangan sepak bola. Oleh karenanya dukungan Rektor UNY yang mempunyai jaringan di Pemerintahan Kabupaten Sleman dapat diwujudkan.

Ketua DPP IKA UNY Prof. Suyanto berpesan pada peserta KKN bahwa di UNY ada DPP IKA UNY yang merupakan singkatan dari Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Universitas Negeri Yogyakarta. “Karena kalian sebentar lagi lulus maka silakan bergabung dengan DPP IKA” kata Suyanto. Kartu anggota IKA UNY didapatkan di gedung IKA UNY yang dapat digunakan untuk berbagai hal. Menurut Suyanto KKN adalah based problem dari universitas kehidupan karena mengerjakan problem-problem global, dan Seyegan juga merupakan gerakan global dalam bendera sustainable development goals. “Problem based tidak hanya KKN namun juga dapat diimplementasikan pada penelitian” katanya.

Dalam kesempatan ini Ketua KKN Krapyak IX Menara Lintang menyampaikan hasil yang telah dicapai oleh mahasiswa KKN di Margoagung, diantaranya adalah peternakan kambing, peternakan ikan dan sayur mayur. Sedangkan Ketua DPP IKA UNY berkenan menanam pohon jambu sebagai tali asih.

Penulis : Dedy

Editor : Ardi