Pesta Demokrasi Pemilu 2024 UNY Buka 6 Tempat Pemungutan Suara

1
min read
A- A+
read

Pemilu di UNY

Universitas Negeri Yogyakarta adalah salah satu dari 9 kampus di Yogyakarta penyelenggara Pemilu 2024 hari ini, Rabu (14/2) dengan membuka 6 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di enam titik lokasi yaitu Hall Rektorat UNY, Ruang Sidang 1 GOR, Gedung Dekanat FISHIPOL Lantai 1, Gedung Dekanat Lantai 1 FT, Ruang Cine Club Lantai 1 Gedung Ki Ageng Suryomentram FBSB UNY, dan Gedung Dekanat Lantai 1 FMIPA UNY.

TPS UNY diselenggarakan untuk memfasilitasi khususnya mahasiswa yang berasal dari luar daerah. Pemilih yang dapat memilih merupakan pemilih yang telah terdaftar di masing-masing TPS. Sejumlah 1692 pemilih yang telah terdaftar sebagai Daftar Pemilih yang tersebar di enam TPS UNY dapat menggunakan hak suaranya dari jam 07.00 WIB sampai dengan pukul 13.00 WIB.

Salah satu TPS UNY, TPS 917 terpantau tepat pada pukul 07.00 WIB memulai pesta demokrasi dengan pengucapan sumpah KPPS dan doa bersama. Selain petugas KPPS dilokasi tempat pemungutan suara juga telah bersiap saksi, pengawas TPS dari bawaslu, serta petugas keamanan dari UNY dan kepolisian setempat.

Ketua KPPS 917 Bayu Setya Pambudi yang juga merupakan tenaga kependidikan di FISHIPOL UNY memberikan pengarahan alur pencoblosan kepada pemilih. Alur dari pemungutan suara adalah pertama, pemilih harus memastikan terlebih dahulu namanya terdaftar di TPS 917, kemudian menunjukkan kartu identitas berupa KTP atau KTM kepada petugas KPPS, petugas memberikan formulir, pemilih mengisi daftar hadir lalu menyerahkan formulir yang telah diisi kembali kepada petugas. Pemilih mendapatkan surat suara, sebelum di bawa ke bilik suara, pemilih diarahkan untuk memastikan terlebih dahulu surat suaranya tidak rusak. Setelah dipastikan surat suara aman, pemilih dapat menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan. Kemudian surat suara dimasukkan ke dalam kotak suara. Proses pencoblosan diakhiri dengan mencelupkan jari ke tinta pemilu yang telah disediakan sebagai bukti telah memilih.

Kepala Subdit Kemahasiswaan dan Prestasi Direktorat Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni UNY Yulianto Subagyo berharap kegiatan Pemilu 2024 di UNY berjalan dengan lancar. “Saya tentu berharap kegiatan Pemilu 2024 di UNY berjalan dengan aman dan lancar” katanya. Terkait mahasiwa yang belum pindah memilih dan masih terdaftar di TPS domisili, beliau mengarahkan untuk mencoba datang ke TPS reguler di luar kampus. Namun, beliau juga menegaskan bahwa belum ada jaminan akan bisa memilih karena jumlah surat suara yang terbatas.

Salah satu pemilih di TPS 917 Dian Endang Lestari Mahasiswa Magister Pendidikan Matematika asal  Lombok Tengah Nusantara Tenggara Barat telah mengurus pindah memilih merasa bersyukur telah memilih di UNY meskipun hanya dapat memilih presiden dan wakil presiden saja. “Saya senang dan bersyukur bisa milih di kampus, karena saya percaya bahwa satu suara sangat berarti untuk kemajuan Indonesia kedepan. Terimakasih banyak juga kepada UNY yang telah memfasilitasi pencoblosan dengan mudah dan nyaman.” ungkap Dian.

Penulis: Debi Pranata

Editor: Dedy

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus