Rektor UNY Siap Menjadi Orang Tua Asuh Bagi Mahasiswa Way Kanan, Lampung

1
min read
A- A+
read

Bupati Kabupaten Way Kanan, Lampung H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M., beserta rombongan diantaranya istri bupati, Kepala BAPPEDA, Kepala dan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kadis Prindag, Kadis Kperasi dan UMKM, Kabag Kerjasama Setdakab, Kabid Dikdas Dinas P & K, Kabid PAUD, Kabid GTK, Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia BAPPEDA, Kabid Kelembagaan, Sosial Budaya dan UEM Kampung Dinas PMK, Kabid Informasi Dinas Capil, Kasi Kelembagaan dan Sarpras PAUD, Kasi Kelembagaan, Sarpras Dikdas, Kasubbag Fasilitasi Kerjasama Bagian Kerjasama, Pelaksana, Prokopim dan staf lainnya, hari Kamis (25/5) berkesempatan mengunjungi UNY dalam rangka Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan Diskusi Peluang Implementasi Kerjasama antara UNY dengan Pemerintah Kabupaten Way Kanan.

Rombongan diterima langsung oleh Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. di Ballroom UNY lantai I, ikut menyambut dan diskusi diantaranya Ketua MWA, Ketua SAU, para Wakil Rektor, para Dekan, para Direktur dan Sekretaris, para Wakil Dekan RKSIU, Kepala dan Sekretaris Unit Admisi, Kepala Unit Sekolah Laboratorium, Kepala Pusat Pengembangan dan Pelayanan Pengujian, Kepala Sentra KI dan SNI, Kepala Pusat Unggulan IPTEK, Kepala Komite Etik, Sekretaris Inkubator Bisnis dan Inovasi Start-Up, Sekretaris Rektor, para SA WR, dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Way Kanan mengawali dengan ucapan terima kasih atas fasilitas yang disediakan UNY, termasuk penjemputan. Ini merupakan kunjungan balasan yang sebelumnya Prof. Dr. Margana telah berkunjung ke Lampung untuk penjajagan kerjasama. 

H. Raden Adipati Surya mengatakan, “Berkeinginan Kabupaten Way Kanan, Lampung lebih maju lagi, berprinsip kerjasama yang harus dijalin dengan baik yaitu dengan kampus. Berharap, tidak hanya sekedar MoU, harus ada implikasinya, mari kita obrolkan dengan UNY, mohon pihak UNY berikan solusinya.”

“Way Kanan mempunyai motto: Way Kanan Unggul dan Sejahtera, mempunyai program prioritas tentang pendidikan, kesehatan, dan perlindungan masyarakat,” kata Bupati Kanan.

Namun demikian angka kemiskinan Kabupaten Way Kanan masih menjadi problem, disamping fasilitas jalan umum yang masih banyak yang rusak, sehingga dibutuhkan upaya implementasi dari MoU.

“Sehingga dibutuhkan pendampingan UMKM, dan perlu bekerja sama pendampingan kompetensi pendidik dan kepala sekolah; pelatihan uji kompetensi guru dan PPG; fasilitasi pendidikan untuk studi lanjut baik S1, S2, dan S3; Pengembangan inovasi pembelajaran berbasis digital, UMKM berbasis digital; dan pendampingan penyusunan roadmap rencana pembangunan jangka panjang terutama pendidikan,” pungkas H. Raden Adipati Surya.

Rektor UNY, menyambut baik maksud dan tujuan Bupati Way Kanan mengunjungi dan mengadakan kerja sama dengan UNY. Di samping itu sudah menjadi kewajiban menerima dan memuliakan tamu.

“Pesan dari Sri Sultan Hamengku Buwono X bahwa kita diminta untuk memuliakan tamu, sehingga UNY mengupayakan semua tamu di UNY akan difasilitasi termasuk penjemputan rombongan Bupati Way Kanan, Lampung,” kata Prof. Sumaryanto.

Selanjutnya Prof. Sumaryanto, mengatakan tentang keseriusan menjadi orang tua asuh khusus dari Kabupaten Way Kanan, Lampung. “Kalau nanti studi lanjut apabila ada calon mahasiswa S1, S2, S3 apabila ada dari anak yatim dari Lampung yang direkomendasikan studi di UNY, saya siap menjadi bapak asuh,” kata Rektor UNY.


Penulis: Prasetyo Noviriyanto
Editor  : Sudaryono

IKU
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat