Tim Garuda UNY Menang Lagi Pada Kontes Mobil Hemat Energi 2022

1
min read
A- A+
read

Tim Garuda UNY

Perwakilan UNY yaitu Tim Garuda UNY raih kemenangan pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2022 yang diselenggarakan oleh Puspresnas dengan panitia dari UPN “Veteran” Jawa Timur pada tanggal 31 Oktober hingga 03 November 2022 di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Gelaran KMHE 2022 ini terbagi menjadi dua kategori kendaraan, yaitu Urban Concept dan Prototype serta empat kategori bahan bakar yaitu Mesin Pembakaran Dalam (MPD) bensin, MPD Diesel, MPD Ethanol, dan Motor Listrik. Kompetisi ini juga diikuti oleh lebih dari 40 tim yang berasal dari 29 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Garuda UNY menjadi juara 1 pada kategori Urban MPD Gasoline di ajang bergengsi tersebut dengan raihan akhir 527,29 km/l. Hasil tersebut membuat tim tetap bertakhta sebagai pemecah rekor nasional yang sebelumnya juga dipegang oleh tim dengan capaian 498.75 km/l. I Kadek Bagus Suryanata selaku Tim Manajer Garuda menjelaskan bahwa ini adalah kemenangan kedua kali tim secara beruntun. “Terima kasih, ini adalah capaian bagus berkat kerjasama dan solidaritas tim, tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada kampus yang selalu mensupport kami dan faculty advisor yang selalu memberi masukan kepada kami dalam pengembangan mobil.” Ujar Kadek.

Bukan tanpa masalah, Garuda UNY dihadapkan pada dua kompetisi dengan jarak yang berdekatan pada bulan Oktober. Jeda antara kompetisi sebelumnya yaitu 2022 Shell Eco-marathon Asia (SEMA) dengan KMHE 2022 hanya sepuluh hari. Hal ini membuat tim dipaksa untuk bekerja secara ekstra. Selain itu, perbedaan level kompetisi, keadaan alam dan karakteristik sirkuit juga menjadi salah satu faktor yang harus dihadapi tim guna mempersiapkan mobil untuk menghadapi kedua event tersebut. “Kurangnya waktu dalam persiapan ini membuat kami dipaksa bekerja keras dan terus melakukan pengecekan hingga melakukan beberapa riset pada mobil untuk menghadapi dua kompetisi ini.” Ucap Julian Fathi, anggota divisi powerplan Garuda UNY. Fathi juga menambahkan bahwa selain memenuhi regulasi KMHE, tim juga mempersiapkan fisik dan mental.

Dengan capaian saat ini, tentunya tidak membuat Garuda UNY ingin cepat berpuas diri. “Perjuangan tim untuk mencapai rekor nasional tersebut adalah sebuah kebanggaan bagi kami. Sebelumnya kami juga menjuarai SEMA 2022 dengan capaian 544 km/l. namun, kami masih memiliki banyak evaluasi pada tahun ini untuk diperbaiki di event tahun berikutnya. Kami akan terus melakukan inovasi dikarenakan tantangan kedepannya pasti akan lebih berat lagi.” pungkas I Wayan Adiyasa selaku Faculty Advisor tim.

Penulis : Dhimas Derra

Editor : Dedy

MBKM