Bupati Sleman Meresmikan GOR Senam dan GOR Beladiri UNY

1
min read
A- A+
read

Peresmian GOR Senam dan GOR Beladiri

Universitas Negeri Yogyakarta meresmikan GOR Senam dan GOR Beladiri. Peresmian dilakukan oleh Bupati Sleman Dra. Kustini Sri Purnomo, Jumat (8/12) di UNY yang ditandai dengan pemotongan punggel dan penandatanganan prasasti.

Menurut Rektor UNY Prof. Sumaryanto peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti kolaborasi dengan Kabupaten Sleman. “GOR senam menjadi second opinion apabila GOR UNY full booked” kata Rektor. Pembangunan GOR Senam menelan dana Rp. 18.882.181.000,- dan GOR Beladiri Rp. 18.651.473.000,-. Pendirian kedua GOR tersebut merupakan salah satu wujud syukur sesuai dengan dhawuh Ngarso Dalem dimana harus mengembangkan 4K yaitu Kampus, Kraton, Kampung dan Kantor. Ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan antara UNY dengan Sleman.

Bupati Sleman Dra. Kustini Sri Purnomo merasa senang berada di tengah civitas akademika UNY dalam rangka mewujudkan Sleman Sehat. “Berkat kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman UNY bisa mewujudkan Sleman Sehat dengan fasilitas olahraga yang dimiliki” kata Bupati. Senam Sleman Bangkit yang digelar bersamaan dengan peresmian kedua GOR tersebut, menurut Bupati berawal dari masa covid dimana masyarakat belum beraktivitas maksimal sehingga dibuatlah senam Sleman Bangkit ini. Senam ini juga mengangkat potensi yang ada di Kabupaten Sleman yaitu gerakan seni budaya dan kesenian. Kustini memaparkan bahwa angka harapan hidup Sleman tahun ini cukup tinggi yaitu 76 tahun, untuk itu dicetuskanlah Senam Lansia Sembada dengan keinginan agar angka harapan hidup yang tinggi itu makin terwujud dengan berolahraga. Tahun 2023 Senam Lansia Sembada akan disosialisasikan dan tahun depan akan dilombakan. Bupati berharap dengan GOR yang baru ini warga Sleman bisa berolahraga disini karena UNY merupakan bagian dari Sleman. Selain itu Bupati juga berkeinginan dengan penta helix perguruan tinggi dapat melakukan MoU untuk kesehatan dengan UNY karena mempunyai sumber daya manusia yang mumpuni untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Kabupaten Sleman.

Ketua Majelis Wali Amanat UNY Prof. Suyanto menegaskan bahwa UNY makin menjadi universitas yang berperadaban dan ini adalah berkat kerja keras dari semua pihak. “GOR senam dan beladiri ini adalah bentuk yang sangat mendasar dalam kemanusiaan karena menyehatkan” kata Suyanto. Kerjasama dengan Kabupaten Sleman memang perlu karena berada di wilayahnya.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

IKU
IKU 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat