Menggapai Mimpi Kuliah ke Luar Negeri

1
min read
A- A+
read

Para awardee IISMA

Cita-cita mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta untuk kuliah di universitas luar negeri segera terwujud. Hal tersebut setelah 3 mahasiswa lolos beasiswa IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards tahun 2023. Mereka adalah Mediana Ramadhani dari prodi Biologi diterima di University of Szeged Hongaria, B Narayani (prodi Kimia) ke University of Galway Irlandia dan Dayu Arinda (Kimia) akan kuliah di Maastricht University Belanda.  

B Narayani mengatakan, pemilihan universitas tujuannya berdasarkan dengan pertimbangan modul yang ditawarkan oleh universitas, reputasi, dan lokasi dari universitas tersebut. University of Galway menjadi pilihan saya karena modul yang ditawarkan masih linear dengan program studi saya, sehingga dapat menunjang wawasan saya dan harapannya, bermanfaat dalam karier saya kedepannya. University of Galway juga termasuk dalam Top 1% QS World University Rankings dan berlokasi di Galway, Irlandia yang dikenal akan keindahan alamnya, sehingga saya semakin mantap menjadikan UoG sebagai pilihan.

Para Awardee University of Galway akan berangkat pada 29 Agustus 2023 dan sekarang sedang dalam proses persiapan visa dan keberangkatan, beserta rangkain kegiatan pembekalan yang diselenggarakan oleh pihak IISMA.

Sementara itu, Mediana Ramadhani menjelaskan, motivasi mengikuti IISMA karena ingin mempelajari mata kuliah yang berbeda dari program studi asli dan ingin merasakan sistem pendidikan dinegara lain.  Memilih University of Szeged karena pilihan mata kuliah yang ditawarkan sesuai minat dan lokasi universitas di Eropa yang pendidikannya kelas internasional.

“Berdasarkan website IISMA, tahun akademik di universitas tujuan akan mulai tanggal 4 september 2023 dan berakhir tanggal 30 januari 2024. Persiapan sebelum berangkat: mengurus dokumen yang diperlukan, mempelajari materi yang diberikan, mengikuti pematerian dari IISMA, dan mencari tahu mengenai budaya, bahasa, serta kondisi hidup di negara tujuan”, lanjutnya.

Mahasiswa lainnya yaitu Dayu Arinda, memaparkan bahwa IISMA merupakan suatu golden ticket untuk mewujudkan mimpi belajar di luar negeri tanpa perlu khawatir mengenai keadaan ekonomi.

“Saya akan memulai kuliah saya di Maastricht University pada Fall Semester yang dimulai pada 1 Septermber 2023 sampai 31 Januari 2024. Saya memilih Maastricht University, karena program yang ditawarkan universitas tersebut menarik minat saya, yaitu Liberal Art and Science dan Maastricht Science Program. Pada kedua program tersebut, Maastricht University mendorong dan memfasilitasi mahasiswa untuk dapat belajar seluas-luasnya di luar jurusan yang ditempuh.

“Pembelajaran dikelas akan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai background pendidikan, kultur, dan budaya, mengingat fakta bahwa 56% mahasiswa Maastricht University adalah International Student. Sistem pembelajaran yang diterapkan adalah Problem-Based Learning, sehingga mahasiswa lebih kritis dan memiliki pemahaman lebih mendalam terhadap mata kuliah yang diambil”, jelasnya.

Penulis: Witono

Editor: Dedy

IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus