Nugget Ikan Kembung Karya Mahasiswa KKN Vokasi UNY Wates

1
min read
A- A+
read

Nugget ikan kembung

Mahasiswa KKN Vokasi UNY di Terbah, Pengasih, Wates, Kulonprogo mengajarkan pembuatan nugget dari ikan kembung pada warga setempat. Para mahasiswa itu adalah Galih Sakti Bayu Gumelar, Cantik Berlian Arbilia Prawoto, Davita, Ihsanti Mufaida Putri, Pramita Nur Fitriana, Risna Pebrina Alisya, Rr. Devi Hapsari Artemisia, Selvi Rofifah dan Tiara Mulyaningrum.

Menurut Ketua KKN Vokasi Terbah Galih Sakti Bayu Gumelar pembuatan nugget ini untuk menjembatani anak-anak yang kurang menyukai makan ikan secara langsung. “Ikan kembung itu kami olah sedemikian rupa hingga menjadi makanan kekinian” ujar Galih, Jumat (8/3). Selain itu olahan dalam bentuk nugget juga sebagai alternatif para ibu rumah tangga setempat dalam menyajikan ikan kembung yang selama ini hanya sebatas digoreng atau disayur, sehingga lebih disukai anak-anak.

Penanggungjawab pembuatan nugget ikan kembung, Ihsanti Mufaida Putri menjelaskan bahan yang dibutuhkan 8 ekor ikan kembung (fillet), 2 buah wortel ukuran kecil, 1 batang daun bawang, 4 sdm tepung terigu, 1 sdm tepung tapioka, 1 butir telur, 4 siung bawang putih, 6 siung bawang merah, garam ½ sdm, kaldu jamur 1 sdt, lada dan baking powder secukupnya. “Cara membuatnya pertama kali goreng bawang merah dan bawang putih” katanya. Lalu masukkan ikan, bawang putih dan bawang merah yang sudah digoreng, wortel parut, daun bawang, tepung terigu, tepung tapioka, telur, kaldu jamur, garam, lada dan baking powder kedalam chopper, kemudian haluskan. Adonan kemudian dituang ke loyang yang sudah dioles dengan minyak dan kukus selama 25 menit. Setelah itu potong-potong nugget ikan dan celupkan ke adonan basah berupa tepung dan air. Masukkan ke tepung roti dan goreng sampai matang. Hidangan nugget ikan kembung siap disajikan.

Selvi Rofifah menegaskan bahwa ikan kembung memiliki manfaat yang sama dengan salmon. Ikan ini juga kaya akan asam lemak omega-3 yang bagus untuk perkembangan otak. Selain itu, ikan kembung juga mengandung  protein tinggi serta berbagai vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. “Ikan kembung juga bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi, mendukung daya tahan tubuh serta sebagai asupan tambahan energi” tutup mahasiswa D4 Teknik Boga Fakultas Vokasi UNY tersebut.

Salah satu warga Terbah, Ibu Kardi antusias dalam mengikuti pelatihan ini. “Saya akan langsung membuatnya dirumah sebagai stok camilan” ungkapnya. Secara umum rasa nuggetnya enak dan nikmat, apalagi selama ini jarang ada pelatihan tentang pengolahan ikan.

Penulis: Dedy

Editor: Sudaryono

MBKM
IKU
IKU 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus