Universitas Negeri Yogyakarta Investasi SDM di Banyuwangi

1
min read
A- A+
read

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia memfasilitasi dan terus mengupayakan terciptanya kolaborasi dan sinergi strategis antara Insan Perguruan Tinggi (lembaga perguruan tinggi) dengan pihak Industri yang dikenal dengan program matching fund.

Universitas Negeri Yogyakarta, salah satu perguruan tinggi yang aktif menangkap peluang tersebut dengan menggandeng mitra pemerintah daerah kabupaten Banyuwangi. Hari ini, Selasa (17/5) bertempat di Pendopo Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi dilaksanakan penandatanganan MoU antara pihak UNY dengan Pemkab Banyuwangi.

Prof. Siswantoyo, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama mewakili UNY menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu upaya yang diinisiasi tim Matching Fund UNY dalam hal ini Kemitraan Dalam Negeri, untuk membuka pintu dengan MoU, yang selanjutnya akan ditindaklanjuti secara teknis oleh tim yang relevan.

Sementara itu Ipuk Fiestiandani selaku Bupati Banyuwangi menyampaikan bahwa MoU yang dilakukan dengan berbagai perguruan tinggi mudah-mudahan menjadi penyemangat investasi Sumber Daya Manusia. Ipuk mengatakan, “Mudah-mudahan dengan adanya MoU ini, dapat menambah semangat kita semua dalam rangka investasi SDM di Kabupaten Banyuwangi. Dan mudah-mudahan MoU ini dapat diperkuat dengan adanya PKS, sehingga dampaknya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Banyuwangi dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pendidikan, dan juga kemampuan dalam pengembangan ilmu pengetahuan di Kabupaten Banyuwangi. Intinya, investasi SDM,”lanjut Ipuk.

Sejalan dengan itu, kegiatan ini bila dikaitkan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Dengan kata lain, banyak hal yang nantikan dapat dilakukan antara UNY dengan Banyuwangi dalam upaya untuk menyejahterakan masyarakat mencakup pada tujuan  yang meliputi (1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender; (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan; (11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. (Joy binJack).